Kamis, 19 Maret 2015

PERANGKAT PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA


1.  HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Komputer adalah suatu kelompok atau serangkaian mesin elektrik yang terdiri dari ratusan  bahkan jutaan  komponen elektronika yang bekerja pada saat yang bersamaan, sehingga membentuk sebuah sistem kinerja yang baik dan terstruktur. Komputer merupakan alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia karena komputer dapat mengolah data menurut prosedur yang telah  dirumuskan secara cepat, tepat dan benar. Komputer memiliki dua bagian yang paling utama yang dimilikinya yaitu hardware dan software, melalui artikel ini dan artikel selanjutnya penulis akan membahas mengenai hadrware dan software yang ada didalam komputer. lebih lengkapnya info mengenai Perangkat keras(HARDWARE) bisa download di sini 
Hardware adalah perangkat keras yang sifatnya adalah nyata atau bisa dilihat atupun dapat dirasakan keberadaannya, berikut ini adalah beberapa perangkat hardware yang sering digunakan dalam suatu komputer:

A. SCANNER
            Scanner adalah suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,foto,gelombang, dll. Hasil dari scanner akan otomatis masuk kedlam komputer dalm bentuk data digital.

B.  CD-ROM DRIVER
 Driver memiliki arti sebagai suatu penggerak atau salah satu bagian mekanikal dari suatu piranti, maka CD-ROM Driver adalah penggerak suatu piringan CD-ROM atau suatu driver untuk merekam atau memainkancompact disc. Fungsi dari CD-ROM Driver adalah untuk membaca data yang ada dalam sebuah cd-rom baik itu berupa gambar, suara atau pun video. Kekurangan dari CD-ROM Driver adalah hanya dapat membaca data dalam sebuah CD-R / CD-RW saja, sedangkan DVD-ROM Driver dapat membaca data yang disimpan dalam ¬DVD-R /  DVD-RW dan CD-R / CD-RW.



gambar CD-ROM

C. VIDEO BOARD
Video board atau sering disebut juga dengan video card adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk mengeluarkan gambar pada layar komputer, banyak sekali fundi yang ditawarkan oleh video card ini beberapa diantaranya adalah grafis 2D, TV output, MPEG-2 / MPEG-4 decoding atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor. Banyak orang mengira nahwa video card itu sama dengan VGA (Video Graphic Accelerator), padahal VGA itu adalah salah satu komponen yang terdapat dalam video card.
           
                                                      gambar Sound Card

       Perangkat keras ini sering diintegrasikan ke dalam sebuah motherboard, namun beberapa jenismotherboard sudah menyediakan port ekspansi untuk tambahan video card ini yang sering disebut sebagai pengontrol video atau graphic controller. Berikut ini adalah bebrapa komponen yang terdapat dalam sebuah video card. 

D.  SOUND CARD

gambar Sound Card


            Sound Card (kartu suara) atau sering disebut dengan audio card merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awal kemunculannya sound card hanya sebagai pelengkap dari komputer, namun sekarang ini sound card menjadi piranti yang wajib ada di sebuah komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi tiga jenis yaitu:
a.       Sound Card Onboard, adalah sound card yang menempel langsung pada   motherboard komputer
b.      Sound Card Offboard, adalah  soundcard yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Namun rata-rata sudang menggunakan yang PCI
c.       Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya sound card menggunakan teknologi FM Synthesis, tetapi sekarang sound card sudah menerapkan teknologi Wavetable Synthesis. Dan untuk memutarkan digital audio, sound card dulunya hanya menggunakan dua kanal (surround) namun sekarang sudah menggunakan empat atau lebih kanal suara (surround). Kualitasnya pun sudah meningkat dari 8 byte, 16 byte, dan sekarang sudah 24 byte bahkan 32 byte

2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Perangkat  lunak (software) adalah instruksi-instruksi yang ditulis oleh manusia yang digunakan untuk mengaktipkan fungsi dari perangkat keras komputer. Kategori Piranti lunak (software)
v     Perangkat lunak sistem operasi (operating system)
Program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer.
v  Perangkat Lunak bahasa (language software)
Program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.
v  Perangkat Lunak aplikasi (application software)
Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
v  Perangkat lunak sistem operasi (operating system)
Sistem operasi secara formal pertama kali dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1954 dan pada tahun 1955 oleh General Motors Research Laboratories. Pada waktu itu, tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas (job) komputer secara bersama-sama dikumpulkan terlebih dahulu (batch)
Sistem operasi software terdiri dari control program dan OS service, lebih lengkapnya bisa download di sini
.
A. VIDEO STREAMING
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.
Konsep dasar lengkap dari video streaming bisa download di sini

B. VOICE OVER INTERNET PROTOKOL
Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Teknologi VoIP diperkenalkan setelah internet mulai berkembang sekitar tahun 1995. Pada mulanya kemampuan mengirimkan suara melalui internet hanya merupakan eksperimen dari beberapa orang atau perusahaan kecil. Ini dimulai dengan perusahaan seperti Vocaltech dan kemudian pada akhirnya diikuti oleh Microsoft dengan program Netmeeting-nya. Pada saat itu jaringan komputer internet masih sangat lambat. Di rumah-rumah (khususnya di Amerika) masih digunakan dial-up dengan kecepatan 36,6 Kbyte. Backbone Internet pun masih kecil. Aplikasi yang bersifat menghabiskan bandwidth, seperti misalnya suara atau video, masih sangat terbatas penggunaannya di pusat penelitian yang memiliki bandwidth besar. Untuk di Indonesia komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka” yang dicetuskan oleh pakar internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII).
Di tahun 2005, Anton Raharja dan tim dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasisSession Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange). Cara Kerja VOIP
Prinsip kerja VoIP :  download di sini
Kesimpulan
Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus diubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa.
Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.
Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia. Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000 s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet – TelkomNet Instan +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3 (>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.
Mungkin yang kurang setuju dengan berkembangnya VoIP ini adalah para provider telepon dan seluler, karena jika teknologi ini di kembangkan lebih lanjut di Indonesia pasti provider-provider akan bangkrut.
Untuk menggunanakan teknologi ini kita hanya perlu menginstall softwarenya di kompuer kita. Salah satu aplikasi VoIP yang populer adalah Skype. Selain itu ada juga Aplikasi yang dibuat oleh kang Onno W Purbo sekarang dikenal dengan nama VoIP Rakyat.


C.  ENCODER DAN DECODER
Encoder  adalah sebuah rangkaian yang menerjemahkan keaktifan salah satu inputnya menjadi urutan bit-bit biner, Encoder terdiri dari beberapa input line, hanya salah satu dari  input -input tersebut diaktifkan pada waktu tertentu,yang selanjutnya akan menghasilkan kode output N-bit, atau lebih simpelnya Encoder dapat diartikan membuat kode atau sandi





contoh encoder
kemudian Decoder
Decoder adalah adalah rangkaian logika yang menerima input-input biner danmengaktifkan salah satu output-nya sesuai dengan biner input-nya, nahh lebih simole dapat disebut memecahkan kode atau sandi
berikut ini contoh rangkaian decoder






Encoder adalah rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder berfungsi sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner.
Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital banyak ditemukan istilah encoder seperti “Desimal to BCD Encoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD (Binary Coded Decimal). lebih lengkapnya bisa download di sini

D.  MPEG 2 ,MPEG 3 DAN MPEG 4
MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.
MPEG 3 adalah standar untuk High-definition television HDTV. Televisi resolusitinggi atau high-definitiontelevision (HDTV). standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV yang memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas dan dengan warna-warna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.
MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya. Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
 lebih lengkapnya bisa download di sini 
sumber refernsi : 1.      http://pccontrol.wordpress.com/2012/07/13/pengetahuan-dasar-ip-camera-apa-bedanya-dgn-cctv/
2.      http://argiatama.blogspot.com/2010/12/video-streaming-apa-sih.html
3.      http://kalma16.wordpress.com/2009/08/16/mengenal-cctv-closed-circuit-television/
4.      http://bobby-gunadarma.blogspot.com/2013/01/pengertian-cctv-ip-network-camera-video.html
5.      http://www.virmansyah.info/2012/12/pengertian-streaming.html
6.      http://mhs.stiki.ac.id/rollan/voip/VOIP_Manual.pdf
7.      http://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/2-apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan-dan-gambarkan-cara-kerjanya/
8.      http://djuneardy.blogspot.com/2013/03/pengertian-voip-membuat-provider-sendiri.html
9.      http://blog.ub.ac.id/home/encoder-dan-decoder-contoh-dan-pengertiannya/
10. http://kaleefaanfield.blogspot.com/2013/03/beda-receiver-mpeg2-dan-mpeg4-pada.htmlREFERENCES
11. Arifianto, Deni, dan Ari Funatik, Antigaptek Hardware Komputer Pengenalan & Permasalahan + Solusi, Jakarta: KawanPustaka, 2009.
12.    http://www.scribd.com/doc/36308385/Definisi-Hardware (diakses tanggal 10 April 2013 pukul 09:03 WIB)
13.    http://www.scribd.com/doc/69227813/dasar-komputer (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 13:33 WIB)
14.    http://www.scribd.com/doc/68044418/Pengertian-Dan-Fungsi-CD-Rom (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 21:46 WIB)
15.    http://fipit-22.blogspot.com/2009/04/cd-rom-drive.html (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 22:16 WIB)
16.    http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-kartu-grafis-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 09:04 WIB)
17.    http://degokers.wordpress.com/2013/04/20/hardware/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:25 WIB)
18.    http://id.wikipedia.org/wiki/VGA (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:27 WIB)
19.    http://www.bahaskomputer.com/2009/01/sound-card.html (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:31 WIB)
20.  http://ganeshara09.wordpress.com/2012/11/01/pengertian-fungsi-dan-bagian-vga-video-graphics-accelerator/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:36 WIB) About these ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar